Rilis Bulan Juni Xiaomi MI 8 Dalam 3 Varian! Berikut Harga Dan Spesifikasinya

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Xiaomi yang ke-8, perusahaan industri gadget Xiaomi tersebut telah merilis smartphone terbarunya yaitu Xiaomi MI8. Tidak hanya itu saja, vendor smartphone dari cina ini juga sekaligus meluncurkan Xiaomi MI 8 dalam 3 varian yang berbeda beda spesifikasinya.

Dikabarkan Smartphone Xiaomi MI 8 ini merupakan Android pertama yang dilengkapi dengan sistem kamera 3D yang berkemampuan untuk mengukur kedalaman gambar dengan mengetahui jarak setiap objek dengan lensa kamera.

Untuk ukuran pada layar Xiaomi Mi 8 mempunyai 6,2 inci dengan panel OLED buatan Samsung. Pada body belakangnya berbahan kaca dengan bingkai alumunium. Untuk kejernihan layar yang ditampilkan, Xiaomi MI 8 mengusung rasio 18,7:9, layar 6,21 inci Super AMOLED Mi 8 beresolusi FHD+ atau 2248 x 1080 piksel. 

Selain Mi 8, perusahaan smartphone Xiaomi juga mengumumkan kehadiran Mi 8 Explorer Edition. Varian ini termasuk spesial menignat fingerprint di layar telah menggunakan sensitivitas tekanan untuk mengaktifkan sidik jari.

Desain panel belakang yang transparan membalut pada perangkat smartphone Xiaomi MI 8 sehingga komponen dalam bagian belakang terpampang jelas. Mi 8 Explorer Edition dilengkapi pula dengan teknologi pengenal wajah 3D (3D facial recognition).

Selain itu Pada perangkat ini juga telah menggunakan dual GPS yang berarti baru pertama kali ini juga smartphone yang menggunakan fitur tersebut.
Smartphone Xiaomi MI 8 ini memiliki panel belakang kaca melengkung empat arah dalam bingkai aluminium. Pada notch tepi atas, tersemat kamera selfie 20MP bukaan f/2.0 lengkap dengan mode portrait dan teknologi AI Beauty.

Kamera belakang yang digunakan oleh Xiaomi MI 8 menggunakan lensa ganda dengan resolusi 12MP bukaan f/1.8 untuk efek bokeh dan low-light serta f/2.4 untuk telephoto. Sensor primer Xiaomi Mi8 mengandalkan IMX363 milik Sony sementara sensor sekunder mengadopsi S5K3M3 dari Samsung.


Dual kamera Mi 8 diklaim menembus angka 105 skor DxOMark untuk foto. Nilai total kamera yang di dapat Mi 8 adalah 99, dimana skor tersebut adalah setara dengan Samsung Galaxy S9 Plus.


Untuk jeroan hardware terutama sebagai pengolah grafisnya, Xiaomi MI 8 mempercayai chip Snapdragron 845 sebagai chipset untuk mengolah grafick yang disupport dengan adanya memory RAM sebesar 6GB  dengan pilihan varian Xiaomi MI 8 dengan penyimpanan 64GB, 128GB dan 256GB. Sementara Mi 8 Explore Edition hanya memiliki satu model yakni 8GB/128GB. 

Pada sektor ketahanan daya yang pada Xiaomi MI 8 masing masing varian memiliki kapasitas baterai dengan daya tampung listrik sebesar 3400mAh Non removable. Untuk keawetan daya tahan baterai smartphone dari xiaomi ini, tentu sudah kita akui semenjak hadir pertama kali dibursa gadget Indonesia.

Menurut sumber yang beredar Harga Mi 8 dijual 2.699 Yuan untuk model 6GB/64GB (sekitar Rp5,8 juta), 2.999 Yuan untuk model 6GB/128GB (sekitar Rp6,5 juta), dan varian paling mahal, yakni 3.299 Yuan untuk model 6GB/256GB (sekitar Rp7,1 juta). 

Sementara itu, Mi 8 Explore Edition hanya memiliki satu model yakni 8GB/128GB. Perangkat tersebut ditawarkan dengan harga 3.799 Yuan atau sekitar Rp8,2 juta. Belum ada informasi lebih lanjut apakah Xiaomi Mi 8 dan Mi 8 Explorer Edition bakal masuk ke Indonesia.

Setelah saya membaca rangkuman diatas sebenarnya untuk urusan spesifikasi antara Mi 8 dan Mi 8 Explorer Edition terbilang hampir sama. Perbedaan yang mencolok keduanya hanya dari segi desain. Jika Mi 8 menyematkan sensor sidik jari di punggung perangkat seperti lini Xiaomi sebelumnya, Mi 8 Explorer Edition mengusung in-display fingerprint.

Sedangkan pada OS. android yang terinstal pada masing masing perangkat smartphone tersebut sama sama menggunakan OS. Andorid V. 8 Oreo dengan antar muka MIUI 9. 

Menurut situs laman Xiaomi sendiri, smartphone MI 8 dijanjikan sudah dapat upgrade ke MIUI 10 yang dalam waktu dekat ini juga akan segera diluncurkan atau dirilis tahun ini.