Cara Instal Custom Rom MIUI 7 Di Samsung S4 Korean Version SHV-E300K, E300L, E300S Tested!

Cara Instal Custom Rom MIUI 7 Di Samsung S4 Korean Version SHV-E300K, E300L, E300S Tested!-Custom Rom MIUI 7 ini saya comot dari forum xda-developers yang juga sudah saya uji sendiri menggunakan Smartphone samsung S4 Korean version SHV-E300K.

Pada Forum xda-developers tidak dijelaskan secara detail mengenai cara penginstalan Rom MIUI 7 tersebut. Jadi pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk memberikan tutorial cara pemasangan Custom Rom MIUI 7 pada Samsung S4 SHV-E300K, E300L dan E300S.

Custom Rom MIUI 7 ini bukan hanya bekerja pada Samsung S4 model Korea dengan tipe SHV-E300K saja melainkan dapat dipasang juga pada Samsung S4 Korea dengan tipe SHV-E300L ataupun SHV-E300S. Karena meskipun berbeda tipe namun masih sama dalam kategori Hardwarenya.

Samsung S4 Korean version ini mempunyai spesifikasi yang mumpuni bila dibandingkan dengan Samsung S4 Indonesian model. Perbedaan yang mencolok didalam untuk spesifikasi Hardware yakni terletak pada Chipset dan juga fisik luarnya.

Pada samsung S4 yang banyak beredar di Indonesia terpasang Chipset dengan nama Exynos dan pada Samsung S4 Korean version sudah menggunakan Chipset Qualcomm MSM8974 Snapdragon 800 yang tentu saja lebih gahar dari Exynos.
Baca juga: Tutorial Flash Samsung S4 (SHV-E300K) Korean version Android 5.0 Menggunakan Odin Terbaru
Mungkin buat yang masih awam akan sulit membedakan mana yang Samsung made in Indonesia dan mana yang Samsung S4 made in Korea. Sebenarnya untuk membedakan mana Samsung Korean version atau yang mana Samsung Indonesian version akan tampak perbedaan yang mencolok pada Fisik luarnya.

Samsung made in Korea pada sisi kanan dari depan akan terlihat sebuah antena yang yang berfungsi untuk nonton streaming TV. Sedangkan samsung S4 made in Indonesia mulus tidak ada apapun yang terpasang pada bagian tepi manapun. Itulah berbedaan yang terlihat pada fisik luarnya.

Instal Custom Rom Via TWRP

Untuk menginstal sebuah Custom Rom pada smartphone android khususnya Samsung S4 Korean version yang sedang saya bahas kali ini, tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Juga untuk cara penginstalannya tidak harus menggunakan aplikasi Odin seperti pada saat anda menginstal Stock Rom asli untuk Samsung S4 ini.

Untuk ketentuannya menginstal Custom Rom MIUI 7, ponsel Samsung S4 Korean version tersebut haruslah sudah terpasang TWRP. Sedangkan untuk Root, tidak diperlukan karena memang bukan sebagai prosedur menginstal Custom Rom.

Buat anda yang belum terinstal TWRP pada smartphone Samsung S4 Korean version SHV-E300K, E300L dan SHV-E300S diharapkan untuk segera memasang TWRP terlebih dahulu kemudian barulah dapat mencoba menggunakan Custom Rom MIUI 7.
Baca artikel: Cara Root Dan Instal TWRP Samsung S4 Korea (SHV-E300K, E300S, E300L) Android Kitkat
Dengan menggunakan Custom Rom MIUI 7 pada Samsung S4 Korea, akan terasa sekali perbedaannya dibandingkan dengan sebelumnya sewaktu masih menggunakan Rom bawaan dari Samsung S4 ini.

Panas yang berlebih juga akan sedikit berkurang dari sebelumnya ketika masih berada di Stock Rom orinya. Juga pada asumsi daya yang diberikan sangat berbeda sekali dari sebelumnya. 

Download Dan Flash Custom Rom MIUI 7

Sebelum kita melangkah ke tahap penginstalan Rom MIUI 7 pada Samsung S4 big Korean version ini, sebaiknya backup dahulu data data penting milik anda dan jangan lupa untuk backup juga file sistemnya melalui TWRP.

Hal tersebut untuk berjaga jaga bila saja mengalami kegagalan pada saat melakukan pengeflashan dengan Rom MIUI 7 ini ataupun bila nanti bosan dan ingin kembali menggunakan Rom asli dari Samsung S4 Korean version ini.

Untuk cara melakukan backup sistem dan data data milik anda dapat melalui TWRP dan untuk merestore kembali juga sama langkahnya yaitu melalui Cwm Recovery atau TWRP yang sebelumnya sudah anda pasang. 

Yang pasti adalah siapkan kapasitas memory eksternal (SD Card) yang mempunyai ruang kosong yang banyak juga untuk menghindari kegagalan dalam melakukan proses backup. Lama atau tidaknya pada saat melakukan proses backup itu tergantung pada data data yang anda miliki, banyak atau sedikit.

Bila sebelumnya anda mempunyai banyak data yang tersimpan ataupun terinstal pada Samsung S4 Korean version milik anda, maka proses backup akan memakan waktu yang cukup lama juga. Namun bila Samsung S4 Korean version milik anda mempunyai sedikit data saja, maka proses backup pun akan terasa lebih cepat.

Custom Rom MIUI 7 ini mempunyai ukuran file sebesar 950Mb, jadi pastikan koneksi internet anda cepat serta stabil dan juga mempunyai kuota internet lebih dari 1GB. 
Baca artikel: Download IDM Terbaru 2018 Dan Cara Aktivasi Agar Menjadi Full Version Tanpa Registrasi
Saya anjurkan gunakan aplikasi Internet download manager agar apabila mengalami kegagalan ditengah jalan dalam mendownload file, maka dapat diteruskan bila menggunakan Internet download manager. 

Langkah langkah Flashing

1. Download dahulu Custom Rom MIUI 7 melalui link yang saya sediakan berikut ini: http://festyy.com/wKe5fJ

2. Setelah file Custom Rom MIUI 7 selesai anda download, copy dan pastekan ke Memory eksternal (SD Card) Samsung S4 Korean version SHV-E300K, E300L, E300S milik anda.

3. Taruh file miui_E300_gtbluesky_5.11.22_V7_4.4changed.zip diluar folder memory eksternal anda jangan didalam folder.

4. Masuk ke mode CWM Revocery Samsung S4 Korean version dengan menekan Tombol Volume + Home dan Tombol Power secara bersamaan. Lepaskan tombol Power apabila sudah muncul logo samsung, maka secara otomatis anda akan dihadapkan dengan mode TWRP yang sudah anda instal sebelumnya.

5. Selanjutnya adalah lakukan Factory reset, data, Dalvic dan Wipe Chace sampai sukses setelah itu kembali ke menu utama TWRP dan pilih Instal zip from SD Card.

6. Cari file Custom Rom MIUI 7 yang tadi anda simpan diluar folder di Memory Card anda dengan nama file miui_E300_gtbluesky_5.11.22_V7_4.4changed.zip.

7. Setelah itu pilih Instal, setelah selesai silahkan pilih Reboot.

8. Done.
Perhatian: Jangan pernah melakukan Update MIUI sekalipun karena akan berakibat bootloop pada Samsung S4 korean version milik anda!
Hal umum yang terjadi setelah proses pemasangan file Custom Rom pada smartphone android bootingnya akan memakan waktu yang cukup lama juga. Namun bila ditunggu hingga lebih dari 30 menitan tidak menampilkan tanda tanda upgrade ataupun wizard awal, sebaiknya lakukan factory reset , data, chache kembali.

Setelah itu dipastikan proses booting awal akan berjalan dengan sempurna dan tidak memakan waktu yang berlebihan. Pada proses booting yang saya alami, Samsung S4 Korean version milik saya ini, kebetulan sekali tidak memakan waktu yang cukup lama.
Hanya sekitar 10 menitan saja jadi saya tidak perlu lagi untuk melakukan factory reset, wipe chace, wipe data ataupun wipe dalvic lagi pada TWRP. Untuk proses wizard antar muka awal masuk konfigurasi telephone samsung S4 Korean version ini pun sebentar saja.

Demikian tadi artikel tentang seputar android Samsung S4 Korean version dengan judul Cara Instal Custom Rom MIUI 7 Di Samsung S4 Korean Version SHV-E300K, E300L, E300S Tested! yang Insya Allah dapat bermanfaat buat anda semua.