Cara Root Dan Instal TWRP Samsung S4 Korea (SHV-E300K, E300S, E300L) Android Kitkat

Cara Root Dan Instal TWRP Samsung S4 Korea (SHV-E300K, E300S, E300L) Android Kitkat-Pada postingan kali ini admin akan membagikan sebuah tutorial yang masih dengan seputar android juga. Berhubung si Admin menggunakan ponsel android Samsung jadi tidak jauh jauh dari yang ponsel yang dipegang juga.

Setelah kemarin membahas tentang bagaimana cara flash atau instal ulang smartphone samsung S4 korean version dengan tipe SHV-E300K yang admin pegang ini, sekarang akan saya bagikan bagaimana cara memasang TWRP dan cara Rooting S4 Korea ini.

Sebenarnya sudah banyak sekali Blog yang memposting artikel artikel dengan tema seperti yang sedang saya buat ini, tapi tidak ada salahnya disini akan saya posting kembali tutorialnya.

Mengingat dari postingan postingan yang membahas seputar pemasangan TWRP dan cara Root samsung S4 Korean version juga sudah agak lama jadi akan saya update semuanya diBlog Seputar Android ini.

Apa Itu TWRP Dan Root Pada Android

Yang pasti yang namanya TWRP itu tidak akan jauh jauh  dari yang namanya Root. Karena TWRP biasanya biasanya dibuat dan dipasang pertama kali pada smartphone android kemudian barulah memasang aplikasi Rootnya.

TWRP merupakan salah satu custom recovery yang dapat menjadi alternatif bagi pengguna Android yang suka mengoprek perangkatnya. Sedangkan pada smartphone android sendiri pada dasarnya sudah terpasang yang namanya Cwm  Recovery, namun karena masih bawaan pabrik maka user tidak dapat mengopreknya.

Buat saya sendiri secara pribadi dengan memasang TWRP pada smartphone android, akan terasa lebih menguntungkan. Pasalnya dengan digantinya Recovery mode yang asli bawaan dengan Custom TWRP Recovery maka kita dapat membackup file sistem android yang penting.

Jadi apabila suatu saat android kita mengalami kerusakan yang fatal pada sistemnya, dapat kita restore kembali dengan file sistem backupan yang sudah kita buat sebelumnya.

Untuk cara backup dan restore sendiri dapat kita lakukan melalui Recovery TWRP juga dengan cara menekan beberapa tombol kombinasai pada menurut masing masing merk dan tipe smartphone androidnya.

Setelah agak paham dengan yang namanya TWRP, sekarang akan saya bahas sedikit apa itu yang namanya Root pada android.

Istilah Root sendiri sebenarnya sudah lama sebelum Operasi Sistem Android ini ada. Istilah Root dipakai sebelumnya pada semua versi OS. entah itu Windows, Linux ataupun lainnya.

Tapi disini saya tidak akan membahas panjang lebar semuanya karena sudah dipastikan akan memakan waktu yang lama sekali. Apalagi berbicara tentang OS. Linux yang pada dasarnya adalah sumber dibuatnya OS. Android.
Baca juga: Tutorial Flash Samsung S4 (SHV-E300K) Korean version Android 5.0 Menggunakan Odin Terbaru
Dengan dipasangnya sebuah aplikasi Super User (Aplikasi Root) pada smartphone android samsung yang sedang kita gunakan ini, juga akan lebih banyak memiliki keuntungan tersendiri.

Root bila diterjemahkan adalah sama dengan akar yang bila kita visualisasikan dengan pohon, maka akar adalah bagian utama yang membentuk dan berdirinya sebuah pohon.

Pohon yang kita maksud disini adalah sama dengan sebuah file sistem yang berjalan pada Operasi Sistem android sendiri. Kemudian hanya dengan me-Root lah si user dapat memodifikasi fike sistem itu sendiri.

Sudah dipastikan tanpa dengan me-Root smartphone android yang kita miliki, maka kita tidak akan dapat mengoprek sistem pada android kita. Jadi yang namanya Root berperan sebagai administrator yang mempunyai hak akses keseluruh sistem pada android.

Dengan kita menjadi Adminstrator pada sebuah Operasi Sistem kita dapat mengolah, menghapus, mengedit atau lainnya yang berurusan dengan file sistem android.

Dan perlu kita ketahui juga bila dengan melakukan Rooting pada android tentu ada kerugiannya juga. Salah satunya adalah hilangnya masa garansi pabrik untuk smartphone android yang kita beli dan kita pakai sekarang.

Namun untuk mengakali hal tersebut dapat kita lakukan unRoot kembali smartphone milik kita dengan cara flashing kembali dengan stock room asal atau rom dari bawaan aslinya. Dengan begitu kita masih dapat mengklaim garansi ke toko.

Cara Instal TWRP Samsung S4 (SHV-E300K, E300S, E300L)

Yang pertama saya akan menulis tutorial bagaimana cara memasang file TWRP untuk samsung S4 Korean version dahulu. Selanjutnya dibawah nanti barulah menuju ke cara Root Samsung S4 Korean version agar lebih mudah anda pahami.

Download dan siapkan bahan bahan yang wajib ada untuk melakukan pemasangan CWM Recovery untuk samsung S4 Korean version dibawah ini.

Bahan Bahan:
  • PC/Laptop 
  • Kabel Data Usb untuk Android

Langkah langkah:

1. Ekstrak semua bahan yang sudah anda download tadi menggunakan aplikasi Winrar atau Winzip juga boleh. >Download Winrar<>Download Winzip<

2. Instal dahulu driver samsungnya tanpa terkecuali Driver PDAnet sampai selesai.

3. Ambil smartphone samsung SHV-E300 milik anda lalu matikan bila masih dalam keadaan hidup.

4. Masuk ke Mode download Odin dengan cara tekan secara bersamaan tombol Vol-,Home dan Tombol Power.

5. Setelah itu tekan tombol Volume atas sekali saja untuk masuk ke mode Download Odin dan segera koneksikan Samsung S4 Big Korean version ke PC/Laptop yang anda gunakan.

6. Buka aplikasi Odin dan pastikan Samsung S4 Korean version anda terhubung dengan baik yang terlihat pada ID:COM dengan tulisan 0:[COMxx] pada aplikasi Odin.
Cara Root Dan Instal TWRP Samsung S4 Korea (SHV-E300K, E300S, E300L) Android Kitkat
7. Kemudian klik menu AP dan browse ke file CWM/TWRP cofface_i9500_en_recovery_v2.0 yang sudah anda download tadi lanjut dengan klik Flash untuk memulai proses Flash CWM menggunakan Odin.
Cara Root Dan Instal TWRP Samsung S4 Korea (SHV-E300K, E300S, E300L) Android Kitkat
8. Proses flashing file CWM akan memakan waktu beberapa detik saja. Cabut ponsel Samsung S4 Korean version anda bila sudah ada pesan Pass dengan background warna hijau dipojok kiri dari Odin.
Cara Root Dan Instal TWRP Samsung S4 Korea (SHV-E300K, E300S, E300L) Android Kitkat
9. Untuk mengecek apakah CWM cofface_i9500_en_recovery_v2.0 sudah terinstal pada Samsung S4 Korean version milik anda, tekan Tombol Vol+, home dan power secara bersamaan.

10. Segera lepaskan tombol Power bila sudah muncul logo samsung atau bila sudah merasakan getar hidupnya Samsung S4 Korean version.

11. Done!

Setelah kita berhasil melakukan pemasangan pada samsung S4 Korean version, langkah selanjutnya adalah melakukan me-Root samsung S4 anda dengan cara flash via CWM yang baru saja anda instal tadi.

Cara Root Samsung S4 Korean version (SHV-E300K, E300L, E300S)

Tutorial tentang bagaimana cara melakukan Root pada smartphone Samsung S4 Korean version dengan tipe SHV-E300K, E300L, E300S adalah sebagai berikut ini.

Pastikan dulu pemasangan file CMW Recovery cofface_i9500_en_recovery_v2.0 sudah berhasil dengan sempurna seperti Samsung S4 SHV-E300K milik saya. Bila belum berhasil silahkan ulangi cara cara diatas dengan seksama. 

Setelah berhasil silahkan lanjutkan tutorial cara Root Samsung S4 Korean version seperti dibawah ini.

Langkah langkah Root:

1. Download dahulu file Root Super SU untuk Samsung S4 melalui link berikut ini: >Download UPDATE-SuperSU-v1.94_1_.zip<

2. Copy dan paste file UPDATE-SuperSU-v1.94_1_.zip yang sudah anda download barusan ke dalam memory eksternal atau memory Card milik anda dan taruh diluar folder agar mudah mengeksekusinya.

3. Masuk ke mode CWM/TWRP seperti pada langkah Nomer 9 diatas.

4. Pada menu CWM pilih Instal Zip from SDCard lalu cari file UPDATE-SuperSU-v1.94_1_.zip lalu pilih instal zip.

5. Setelah file UPDATE-SuperSU-v1.94_1_.zip sudah sukses anda instal melalui CWM, silahkan anda Reboot ponsel.

6. Cek apakah Supes SU sudah terlihat pada layar menu Samsung S4 Korean version milik anda? Bila sudah ada, berarti anda sudah berhasil dengan baik melakukan Rooting.

7. Done.
Baca juga: Tutorial Cara Bypass Akun Google Gmail Samsung J510UN Paling Mudah Dijamin Berhasil Tanpa Internet
Agar lebih yakin apakah Samsung S4 Korean version sudah berhasil anda Root, silahkan download aplikasi Root Checker pada Google Play Store secara gratis melalui Smartphone anda.

Demikian tadi artikel tentang Cara Root Dan Instal TWRP Samsung S4 Korea (SHV-E300K, E300S, E300L) Android Kitkat yang semoga saja dapat bermanfaat dan berguna buat anda.