Tutorial Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Terlengkap Menggunakan MiFlash tool Terbaru Dengan Metode Fastboot

Tutorial Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Terlengkap Menggunakan MiFlash tool Terbaru Dengan Metode Fastboot-Postingan kali ini Seputar Android akan share tata cara rumus flashing Xiaomi Redmi 6 menggunakan tool MiFlash. Tidak sedikit persoalan software hp Xiaomi Redmi 6 pastinya dapat diatasi dgn kiat diflash atau melaksanakan instal ulang ROM Xiaomi Redmi 6 bersama memakai firmware Xiaomi terbaru.

Beberapa kecacatan software terhadap Xiaomi Redmi 6 yang bisa diperbaiki dengan rumus flashing Redmi 6 menggunakan tool MiFlash diantaranya yakni masalah Redmi 6 bootloop, waktu dihidupkan handphone Redmi 6 cuma menampilkan logo MIUI saja. 

Atau contoh lainnya adalah banyaknya aplikasi yang crash dan tidak dapat dibuka sama sekali bahkan yang paling parah ponsel Xiaomi redmi 6 ini mengalami blank dan tidak dapat disentuh pada layar sentuhnya. Sehingga hanya dengan jalan flashing lah Smartphone Xiaomi Redmi 6 ini dapat diperbaiki agar normal kembali.

Xiaomi memperkenalkan ponsel terbaru untuk mengisi seri Redminya. Kali ini tidak hanya satu, namun Xiaomi memperkenalkan dua ponsel sekaligus, yakni Redmi 6A dan Redmi 6. Kedua smartphone ini cukup menarik karena ditawarkan dengan harga yang murah serta lain daripada seri Redmi sebelumnya.

Yang pertama adalah Redmi 6, kali ini ukuran bentang layar yang digunakan sebesar 5,45 inci, agak kecil daripada Redmi 5 yang memiliki bentang layar 5,7 inci. Biasanya Xiaomi tidak pernah melakukan penurunan ukuran layar pada seri Redmi terbaru, baru kali ini hal itu terjadi. Resolusi yang dipakai kali ini pun berbeda, hanya HD+ namun masih dengan rasio 18:9.

Untuk segi prosesor yang digunakan, kembali terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Kali ini Xiaomi memilih untuk mengunakan prosesor dari Mediatek, bukannya Qualcomm seperti kebanyakan ponsel yang mereka rilis sebelumnya. 

Baca juga: Rilis Bulan Juni Xiaomi MI 8 Dalam 3 Varian! Berikut Harga Dan Spesifikasinya
Tepatnya kali ini, Xiaomi Redmi 6 menggunakan Mediatek MT6762 Helio P22 octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 serta didukung dengan GPU PowerVR GE8320.
Xiaomi Redmi 6 memiliki dua varian saat diluncurkan, yakni RAM 3GB dengan internal 32GB serta RAM 4GB dengan internal 64GB. 

Salah satu nilai jual utama dari Redmi 6 adalah sektor kamera yang digunakan. Xiaomi menanamkan dua kamera dibagian belakang yang memiliki resolusi yang masing–masing 12MP dan 5MP.


Kemudian pada kamera depan, Xiaomi Redmi 6 memakai kamera dengan resolusi 5MP dan didukung dengan face unlock. Xiaomi Redmi 6 ini sudah berjalan pada MIUI 9 yang berbasis pada Android 8.1 Oreo dan dibekali baterai berukuran 3000 mAh. Namun Xiaomi menjanjikan akan memberikan update ke MIUI 10 dalam waktu dekat.

Cara Cek Status Lock Bootloader Xiaomi

Sebelum kita melangkah ke tahap cara flashing Xiaomi Redmi 6 ini, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu bahan bahan yang wajib untuk melakukan instal ulang Rom MIUI.

Prosedur utama untuk dapat menginstal ulang smartphone Xiaomi adalah mengecek dulu apakan Xiaomi sudah dalam posisi Unlock bootloader atau kah belum. Karena bila ponsel Xiaomi khususnya Redmi 6 belum dalam posisi unlock bootloader, jangan harap berhasil diFlash ulang.

Cara cek status Lock bootlaoder pada Xiaomi 6 yang terinstal MIUI 8 adalah sebagai berikut ini:

1. Masuk ke menu Settings

2. Pilih pada About Phone. Ketuk sebanyak tujuh kali pada MIUI version sampai keluar notifikasi yang memberitahukan bahwa anda sekarang sudah menjadi Developer (Pengembang).
Tutorial Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Terlengkap Menggunakan MiFlash tool Terbaru Dengan Metode Fastboot
3. Kembali ke Settings, pilih Additional settings lalu pilih Developer Options.

4. Pada menu Developer Options, pilih Mi Unlock status.

5. Jika terdapat notifikasi bahwa "This device is locked" yang ditandai dengan gambar gembok, maka ponsel Redmi 6 kalian masih terkunci bootloadernya, dan juga sebaliknya.
Tutorial Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Terlengkap Menggunakan MiFlash tool Terbaru Dengan Metode Fastboot
Untuk ponsel android Xiaomi Redmi 6 yang bukan menggunakan MIUI 8 cara mengetahui apakah dalam posisi Lock bootloader atau sudah Unlock bootloader dapat menggunakan bantuan PC/Laptop dengan cara sebagai berikut ini:

1. Download terlebih dahulu bahan berikut ini> ||Adb Fastboot||

2. Ekstraks file Rar menggunakan Winrar atau Winzip tadi kemudian instal Adb Fastboot seperti biasa.

3. Pada folder Adb Fastboot, tekan SHIFT pada keyboard PC/Laptop yang sedang anda gunakan kemudian klik kanan dan pilih Open command window here.  
Tutorial Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Terlengkap Menggunakan MiFlash tool Terbaru Dengan Metode Fastboot
4. Kemudian akan terbuka sebuah jendela CMD pada layar PC/Laptop.

5. Matikan ponsel Xiaomi Redmi 6 kalian lalu masuk ke mode fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol volume bawah + power

6. Tahan tombol volume bawah sampai tampil logo fastboot mode pada layar Xiaomi Redmi 6 anda kemudian lepaskan.
Tutorial Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Terlengkap Menggunakan MiFlash tool Terbaru Dengan Metode Fastboot
7. Sambungkan Xiaomi Redmi 6 pada mode fastboot melalui Port USB PC/Laptop menggunakan kabel Data USB.

8. Ketikan perintah pada CMD "fastboot devices" untuk mengecek apakah Xiaomi Redmi 6 sudah terdeteksi dengan baik.

9. Langkah selanjutnya, ketikan "fastboot oem device-info", maka akan tampil keterangan seperti gambar dibawah ini: 
Tutorial Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Terlengkap Menggunakan MiFlash tool Terbaru Dengan Metode Fastboot
Kemudian lihat hasil yang tampi di CMD, apabila Device unlocked: true itu berarti bootloader sudah terbuka. Akan tetapi apabila keterangannya false, itu berarti bootloader Xiaomi Redmi 6 masih dalam keadaan terkunci.

Tahap Flash Xiaomi Redmi 6 Via MiFlash tool

Bila anda sudah mengetahui status yang ditampilkan pada Xiaomi redmi 6 tadi adalah sudah Unlock botloader, maka sekarang mulai ke tahap cara flashing Xiaomi redmi 6 dengan menggunakan MiFlash tool terbaru.

Untuk memulai langkah langkah pengeflashan, silahkan anda download dahulu bahan bahannya dibawah ini. Saya pastikan bahwa Xiaomi redmi 6 anda yang akan diflash sudah dalam mode Unlock bootloader.

Bahan Bahan:
Langkah Langkah:

1. Ekstraks semua file hasil download tadi menggunakan Winrar atau Winzip tidak terkecuali file Rom Xiaomi redmi 6 tadi dan tempatkan pada satu folder agar mudah dijangkau.

2. Bila anda sudah menginstal ADB Fastboot lewati langkah penginstalannya dan instal MiFlashtool sampai selesai.

3. Matikan perangkat xiaomi Mi 6 lalu tekan tombol volume bawah dan tombol Power pada saat yang sama untuk masuk ke modus fastboot. 

4. Hubungkan Xiaomi redmi 6 dalam mode Fastboot tadi ke port PC/Laptop.

5. Langkah selanjutnya buka MiFlashtool pilih Select dan arahkan ke dalam dalam folder dimana file Rom Redmi 6 yang sudah anda ekstrak tadi berada.
6. Selanjutnya klik pada pilihan Refresh. Ini berfungsi agar MiFlash tool mendeteksi sebuah perangkat yang telah terhubung dengan PC/Laptop anda. Lihat pada gambar yang saya contohkan dibawah ini.
7. Klik Flash untuk memulai proses instal ulang smartphone Xiaomi Redmi 5a anda dan tunggu hingga selesai.
8. Silahkan anda cabut ponsel Xiaomi Redmi 5a anda bila sudah ada notifikasi Success dari MiFlash didepan layar monitor anda.

9. Done.
Baca juga: Tutorial Cara Root Oppo A71 2018 CPH1801 RAM 2GB Tanpa PC Work!!!
Nah,demikian tadi artikel yang berjudul Tutorial Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Terlengkap Menggunakan MiFlash tool Terbaru Dengan Metode Fastboot. Semoga apa yang saya posting disini dapat bermanfaat buat anda semua.