Cara Membuat Dualboot Win 10 Dan Win 8 Di Dalam Satu Usb Flashdisk Terbaru

Cara Membuat Dualboot Win 10 Dan Win 8 Di Dalam Satu Usb Flashdisk Terbaru-Kali ini admin akan membuatkan tutorial dengan tema seputar PC/Laptop yaitu bagaimana cara membuat dua installer Windows didalam satu sebuah flashdisk. Kebutuhan didalam skala teknis PC/Laptop sekarang ini haruslah dapat menyikapi keadaan. 

Yaitu pada saat terdesak karena alasan program atau software yang tidak mendukung pada saat studi dilapangan dan dalam keadaan yang terburu buru. Kemudian kita terkendala dengan perangkat PC/Laptop tersebut ternyata tidak compatible dengan Windows 7 maka jalan tentu saja kita harus menginstal perangkat PC/Laptop tersebut dengan Windows 8 atau Windows 10.

Namun ternyata kita hanya mempunyai sebuah flashdisk yang berisi installer windows 7 saja. Akan dapat kita bayangkan betapa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat multibootable windows pada saat terdesak pastinya. 

Dengan tema Cara Membuat Dualboot Win 10 Dan Win 8 Di Dalam Satu Usb Flashdisk Terbaru pada artikel kali ini yang akan saya posting disinilah yang mempunyai peran penting untk mengatasi masalah diatas tadi. Bila perlu silahkan anda buatkan saja langsung 3 Windows installer didalam sebuah USB Flashdisk milik anda.

Baca juga: Tutorial Singkat Membuat Bootable Windows 7 All Version Menggunakan Flashdisk Kurang Dari 3 Menit!!

Karena pada dasarnya untuk membuat multibootable windows 76,8,10 didalam sebuah USb Flashdisk disini sebenarnya sama untuk cara pembuatannya karena aplikasi WinSetupFromUSB yang akan saya gunakan sebagai medianya sudah mendukung penuh.

Tapi karena saya sendiri sudah mempunyai installer Windows 7 pada sebuah USB Flashdisk dan USB Flashdisk itu sendiri jarang sekali saya gunakan jadi sekalian saja saya manfaatkan dan pasti suatu waktu dapat berguna juga.

Membuat Dualboot Win 10 Dan Win 8.1 Mengguanakan WinSetupFormUSB

Aplikasi WinSetupFormUSB ini sama halnya dengan aplikasi lainya yang dapat membuat installer Windows pada perangkat USB Flashdisk seperti Aplikasi Yumi ataupun Rufus yang sudah terkenal itu. 

Dalam hal membuat multibootable installer pada sebuah Flashdisk mungkin hanya Yumi yang penuh dengan fitur, namun saat saya praktekkan langsung  ternyata banyak Laptop yang tidak mendukung sekarang ini. Tidak seperti aplikasi Rufus yang selalu Compatible dengan semua perangkat Laptop. Hanya saja Rufus tidak menyediakan fitur untuk membuat multi bootbale Windows.

Berbeda dengan aplikasi WinSetupFromUSB ini yang ternyata tidak mengalami kendala sama sekali pada saat studi melakukan instal Windows pada sebuah Laptop dengan merk Asus X441NA, dan lagsung menuju ke proses wizard awal instalasi.

Nah, sebelum kita melangkah ke tahap Tutorial Membuat Dualboot Win 10 Dan Win 8 Mengguanakan WinSetupFormUSB, silahkan anda persiapkan dahulu bahan bahan yang wajib seperti dibawah ini.

Bca juga: Tutorial Cara Membuat Bootable Windows 10 Menggunakan Flashdisk Paling Cepat Sedunia!!!

Bahan Bahan:
  • USB Flashdisk 8GB
  • Windows 10 dan Windows 8,8.1 dengan Format ISO
Langkah Langkah:

1. Ekstraks aplikasi WinSetupFromUSB yang anda downlad tadi dengan menggunakan Winrar atau Winzip ke dalam folder yang anda inginkan.

2. Masukkan terlebih dahulu USB Flashdisk dengan kapasitas 8GB atau lebih kedalam Port PC/Laptop yang anda gunakan sekarang ini.

2. Buka folder Aplikasi WinSetupFromUSB hasil ekstraks tadi dan eksekusi file exe WinSetupFromUSB. Dan ingat pilih aplikasi WinSetupFromUSB sesuai dengan versi Windows yang anda gunakan saat ini. Misal Windows 32Bit buka WinSetupFromUSB versi 32bit nya.

3. Aplikasi WinSetupFromUSB akan secara otomatis mendeteksi USB Flashdisk anda, bila belum terdeteksi silahkan anda lakukan Refresh.

4. Untuk langkah pertama saya ingin proses Windows 10 yang akan saya buatkan bootablenya dan langkah ke dua barulah Windows 8.1. Centang apada Auto format it with FBinst dan pilih fat32.
Cara Membuat Dualboot Win 10 Dan Win 8 Di Dalam Satu Usb Flashdisk Terbaru
5. Kemudian centang lagi pada Advanced options maka akan tampil sebuah jendela baru lalu anda pilih pada Custom menu names for Vista/7/8 Server sources lalu close.
Cara Membuat Dualboot Win 10 Dan Win 8 Di Dalam Satu Usb Flashdisk Terbaru
6. Pada menu Add to USB disk centang pada kotak kecil di tab Windows Vista/7/8/10/Server 2008/2012 based ISO dan klik menu sebelah kanannya lalu cari Windows 10 dengan format ISO milik anda.
Cara Membuat Dualboot Win 10 Dan Win 8 Di Dalam Satu Usb Flashdisk Terbaru
7. Selanjutnya pilih GO untuk memulai proses dan tekan Yes pada pesan pesan yang muncul dan beri nama Flashdisk sesuai dengan keinginan anda kemudian tunggu sampai proses pembuatan Windows 10 installer dibuat pada USB Flashdisk anda.
Cara Membuat Dualboot Win 10 Dan Win 8 Di Dalam Satu Usb Flashdisk Terbaru
8. Proses ini berlangsung cukup lama namun juga tergantung pada spesifikasi dan kesehatan PC/Laptop anda pastinya. Jika spesifikasi PC/Laptop anda besar, maka proses juga berjalan dengan baik.

9. Saya asumsikan bahwa pembuatan Windows 10 installer telah selesai dibuat maka selanjutnya kita akan melangkah ke pemasangan Windows 8.1 seperti yang sudah saya janjikan diatas.

10. Pada langkah berikutnya jangan sampai anda mencentang Auto format it with FBinst untuk penerapan Windows berikutnya.Jika tercentang tentu saja Windows 10 Installer yang sebelumnya dibuat akan hilang juga.
Cara Membuat Dualboot Win 10 Dan Win 8 Di Dalam Satu Usb Flashdisk Terbaru
11. Lakukan seperti pada poin poin diatas tadi pda saat pembuata Windows pertama dan tunggu hingga selesai.

12. Done.

Baca juga: Download Dan Cara Aktivasi Antivirus Avast Gratis full version 2018 Terbaru

Bila anda masih kurang paham dengan langkah langkah tutorial diatas, anda dapat melihat langsung pada tutorial Cara Membuat Dualboot Win 10 Dan Win 8 Di Dalam Satu Usb Flashdisk Terbaru Menggunakan WinSetupFromUSb melalui tayangan Video berikut ini:
Nah, demikian tadi artikel tentang bagaimana cara membuat dualboot installer Windows 10 dan Windows 8.1 pada sebuah perangkat USB Flashdisk yang semoga saja dapat berguna buat para pembaca di Blog Seputar Android yang saya Hormati, Terima kasih..