Tutorial Singkat Membuat Bootable Windows 7 All Version Menggunakan Flashdisk Kurang Dari 3 Menit!!

Tutorial Singkat Membuat Bootable Windows 7 All Version Menggunakan Flashdisk Kurang Dari 3 Menit!!-Membuta bootable Windows diperangkat  flashdisk tidak jauh berbeda dengan cara membuat Bootable Windows 10 yang sempat admin buatkan postingan kemarin hari. Perbedanya hanyalah terletak pada ukuran file Windowsnya dan juga format tipe hardisk yang akan disintallasi Windows tersebut.

Untuk membuat bootable  Windows 7 dengan bantuan sarana aplikasi Rufus pada dasarnya akan secara otomatis terbentuk menjadi format MBR. Maka pada Hardisk yang akan kita instalasi dengan Windows 7 pun harus dengan hardisk yang bertipe atau berformat MBR bukan GPT. Jadi kesesuaiannya adalah Windows 7 dengan hardisk yang berformat MBR dan Windows 8,10 dengan hardisk yang menggunakan format GPT.

MBR merupakan singkatan dari Master Boot Record. MBR adalah tipe yang spesial dari boot sector ketika hardisk komputer pertama kali anda partisi. MBR-lah yang memegang informasi mengenai logical partition, yang juga berisi file system, dan yang mengatur system tersebut.

Konsep MBR ini sudah ada sejak 1983. System MBR ini hanya dapat men-support maksimum penyimpanan sebesar 2 TB saja. Seperti yang kita tahu bahwa penyimpanan sekarang sudah banyak yang melebihi kapsitas 2 TB, maka dari itu beberapa proses dari MBR ini sudah mulai digantikan dengan GPT (GUID Partition Table) yang kebanyakan sudah digunakan di komputer baru. Untuk menyesuaikan dengan sistem yang lama, GPT dapat digunakan berdampingan dengan MBR.

Baca juga: Tutorial Cara Membuat Bootable Windows 10 Menggunakan Flashdisk Paling Cepat Sedunia!!!

Membuat Bootable Windows 7 Via Flashdisk

Sekarang ini semakin banyak sekali teknisi PC yang asal asalan merakit PC serta menginstal Software yang belum pasti dapat dijalankan dengan baik. Contohnya adalah sebuah Motherboard G31 dengan Processor Dual Core yang sudah terakit dengan baik namun terinstal Windows 10. Tentu saja hal itu akan mengakibatkan banyak kegagalan pada perangkat PC saat dijalankan.

Ada baiknya sebelum anda membeli perangkat hardware Motherboard untuk PC sebaiknya rangkumlah terlebih dahulu dan susun tahapan demi tahapan dari merakit PC sampai dengan instal OS. Windows apa yang cocok untuk Hardware PCnya nanti.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel kembali yang semoga saja dapat bermanfaat buat anda semua. Artikel kali ini saya beri judul Tutorial Singkat Membuat Bootable Windows 7 All Version Menggunakan Flashdisk Kurang Dari 3 Menit!!

Sebenarnya memang untuk membuat bootable Windows 7 dengan menggunakan USB Flashdisk untuk proses waktu yang dibutuhkannya tidak lah lama, hanya sekian menit saja USB Flashdisk anda sudah terisi dengan file Installer Windows 7 berkat bantuan aplikasi Rufus.

Aplikasi Rufus ini bersifat portable, alias tidak perlu kita instal dan dapat anda download secara gratis pada situs resminya. Untuk memulai bagaimana cara membuat Bootable windows 7 via flashdisk dengan aplikasi Rufus adalah sebagai berikut ini.


Langkah Langkah:

1. Yang pertama pastikan USB Flashdisk anda berkapasitas 8GB

2. Bila anda belum mempunyai installer Windows 7 All version dengan format ISO, silahkan download melalui link berikut dibawah ini:
Download Windows 7 All version ISO

3. Donwload aplikasi Rufus sebagai aplikasi yang sangat anpuh untuk membuat installer Windows. File ini berukuran sangat kecil dan bersifat portable.

4. Setelah anda menemukan semua file yang dibutukan diatas, silahkan anda masukkan USB Flashdisk anda ke Port USB PC/Laptop yang tersedia dan buka Rufus.

5. Pilih Select lalu cari file ISO Windows 7 yang sudah anda download tadi.
Tutorial Singkat Membuat Bootable Windows 7 All Version Menggunakan Flashdisk Kurang Dari 3 Menit!!
6. Setelah itu beri nama Flashdisk bila anda inginkan sesuai dengan keinginan kita lalu klik pada Start untuk memulai pembuatan Installer Windows 7 All version.
Tutorial Singkat Membuat Bootable Windows 7 All Version Menggunakan Flashdisk Kurang Dari 3 Menit!!
7. Tunggu hingga proses selesai. Lamanya proses pembuatan tergantung pada spesifikasi hardware PC/Laptop yang anda gunakan. Bila semakin bagus spesifikasi PC/Laptop maka akan semakin cepat juga.
Tutorial Singkat Membuat Bootable Windows 7 All Version Menggunakan Flashdisk Kurang Dari 3 Menit!!
8. Proses selesai setelah muncul pesan Ready pada status dan silahkan anda Close.
Tutorial Singkat Membuat Bootable Windows 7 All Version Menggunakan Flashdisk Kurang Dari 3 Menit!!
9. USB Flashdisk siap digunakan untuk menginstal Windows 7 All Version pada PC/Laptop.

10. Done!

Baca juga: Cara Menghilangkan Tulisan "Test Mode Windows 7 Build 7601" Pada Windows 7 Dengan Mudah

Berikut ini adalah tayangan video yang dapat anda jadikan acuan juga sebagai bahan alternatif membuat Bootable Windows 7 All Version sama seperti artikel diatas.
Nah, dengan demikian maka sekarang anda dapat menggunakan USB Flashdisk tersebut sebagai media installer Windows 7 pada PC ataupun Laptop. Untuk  langkah selanjutnya tinggal anda yang menentukan aplikasi atau software apa yang akan anda instal pada PC/Laptop baru anda.

Dengan demikian maka artikel tentang Tutorial Singkat Membuat Bootable Windows 7 All Version Menggunakan Flashdisk Kurang Dari 3 Menit!! saya akhiri dulu dan semoga dapat bermanfaat buat anda semuanya, terima kasih.